agar rasa kopi tetap nikmat

Bagi sebagian orang, meminum secangkir kopi dapat memberikan kenikmatan tersendiri dan menjadi “teman” yang menyenangkan di berbagai suasana. Rasa kopi akan semakin nikmat bila disimpan dan diolah dengan cara khusus.

KOPl kini telah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya bagi°mereka yang tinggal di kota besar. Apalagi dengan semakin banyaknya kafe khusus kopi dan inovasi dalam pembuatan kopi, sehingga melahirkan semakin banyak pecandu kopi di dunia ini.

Patut diketahui, kesegaran kopi lama kelamaan dapat menghilang karena faktor waktu, udara, kelembaban, suhu panas dan cahaya, sehingga rasanya pun berubah. Oleh karena itu, diperlukan trik khusus agar kualitasnya tetap terjaga, antara lain dengan:

Menyimpan kopi

Simpan kopi di dalam tempat tertutup dan letakkan di tempat dingin dan kering, dengan suhu sekitar 50-70 derajat Fahrenheit atau sekitar 5°Celsius. Jangan menaruh di dekat kompor, oven atau daerah yang mungkin terkena sinar matahari dan lampu karena suhunya bisa saja terlalu panas clan memengaruhi kualitas kopi.

Sebaiknya, jangan menyimpan kopi ke dalam frezeer. Namun bila membeli dalam jumlah banyak, pisahkan sebagian kecil-yang akan digunakan sehari-hari- dan masukkan sisanya ke dalam plastik kedap udara clan simpan di dalam freezer. Namun bila sekali dikeluarkan dari freezer, jangan dimasukkan kembali karena perubahan suhu yang terjadi akan menimbulkan lembab sehingga memengaruhi kualitas kopi Segera letakkan kopi tersebut di tempat kering clan dingin.

Biasakan untuk membeli kopi hanya sebatas kebutuhan selama seminggu atau 2 minggu. Dengan begini, Anda talk perlu menyimpan kopi terlalu lama dan kesegarannya pun tetap terjaga.

Membuat Kopi

Bila Anda menggunakan coffee maker, pastikan bahwa tempat tersebut bersih dari sisa-sisa kopi sebelumnya karena hal itu dapat menimbulkan bau apak clan mengubah rasa kopi.

Untuk menikmati rasa clan aroma yang maksimal dari kopi, gunakanlah air yang berkualitas. Apabila air di rumah mengandung zat besi, gunakanlah penyaring air clan jangan menggunakan air sulingan karena dapat mengubah rasa kopi tersebut.

Terakhir, gunakanlah air yang telah mendidih agar seluruh rasa kopi lebih tajam saat diminum. Tunggulah sekitar 30-60 detik sebelum menuangkannya ke dalam gelas. (ADT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: